Legenda

Informasi Umum

Konsultasi Publik Belum Dibuka
Pelaksanaan Tahun 2020

Kamu belum bisa memberikan usulan. Silahkan ikuti terus informasi Gagas Ruang Indonesia dan berikan gagasan kamu untuk rencana tata ruang di lokasi ini.

RDTR Kawasan Geopark Rinjani-Lombok Narmada Lingsar

Kawasan Geopark Rinjani – Lombok Narmada Lingsar merupakan kawasan yang berada di Geopark Rinjani yang menjadi salah satu dari 4 Geopark di Indonesia yang telah di akui oleh dunia melalui UNESCO Global Geopark (UGG) yang mencakup 5 Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Lombok Utara,  Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Kota Mataram. Geopark Rinjani Selain berfungsi sebagai geopark juga memiliki fungsi sebagai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Rinjani dan Kawasan Strategis Nasional (KSN) Gunung Rinjani.

Tujuan Geopark adalah mengambil manfaat, menggali, menghargai dan mengembangkan warisan ekosistem yang memiliki geografis dan iklim yang sama), sehingga pengintegrasian kearah konservasi, edukasi dan pembangunan berkelanjutan. Dengan keberadaan geopark Rinjani tersebut maka peran penataan ruang diharapkan mampu mengayomi pemanfaatan ruang bagi peruntukan Geodiversity, Biodiversity, Cultural diversity maupun bagi peruntukan pengembangan ekonomi masyarakat lokal yang berada di sekitar Geopark Rinjani.


Kawasan Narmada Lingsar memiliki luas sekitar 3.237,42 Ha yang terdiri dari 2 kecamatan dan 15 desa. Lokasi tersebut memiliki 7 situs Geopark seperti ; Suranadi Nature Park, Suranadi Park, Lingsar Park, Narmada Park, Narmada Spring, Punican Charcoal, dan Traditional Village of Karang Bayan. Selain memiliki keberadaan situs-situs geopark tersebut, keberadaan Kawasan Narmada Lingsar juga memiliki potensi pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata dalam menyokong perekonomian kawasan. Kawasan Narmada Lingsar bila dilihat secara regional juga merupakan bagian Tunggal Kendali yang menyokong perkembangan dari Kota Mataram. Disisi lain dalam mendukung perkembangan pertumbuhan Kota Mataram, Kawasan Narmada Lingsar juga sebagai kawasan yang memasok air bersih bagi Kota Mataram, hal ini didukung dengan keberadaan beberapa mata air yang menjadi sumber dari air bersih.


Dengan melihat keberadaan Kawasan Narmada Lingsar tersebut, maka dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Geopark Rinjani-Lombok Narmada Lingsar diperlukan sebuah perencanaan/pengembangan kawasan dan juga pengendalian kawasan yang menjadi bagian dari amanat
UNESCO Global Geopark Rinjani sebagai kawasan konservasi, pendidikan dan penumbuhan nilai ekonomi lokal yang nantinya diperlukan sebagai acuan dalam pelaksanaan dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Hai! Apa Gagasanmu?

Punya pertanyaan lebih seputar Rencana Tata Ruang maupun Konsultasi Publik Online ? Silahkan hubungi kami via Whatsapp. Kami akan bantu memberikan informasi yang kamu butuhkan

Kami Hadir di Whatsapp
×
Kami hadir di sini