Legenda

Informasi Umum

Konsultasi Publik Dibuka

Kamu yang tinggal atau memiliki kepentingan di lokasi ini, klik disini untuk memberikan gagasan kamu sekarang!"

RDTR di Sekitar Kawasan Pariwisata Likupang dan Sekitarnya

Pengembangan pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor yang mendapat prioritas tinggi dalam pembangunan di berbagai negara (World Tourism Organization, 2000; International Ecotourism Society, 2006). Di Indonesia, pembangunan kepariwisataan nasional tertuang dalam PP nomor 50 tahun 2011 tentang RIPPARNAS tahun 2010 – 2025, dalam PP nomor 50 tahun 2011 membagi kepariwisataan nasional menjadi 50 Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), salah satunya adalah DPN Manado - Bunaken dan sekitarnya. Di dalam DPN tersebut terdapat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KPPN) Likupang dan sekitarnya.

Berada di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kawasan Pariwisata Likupang diarahkan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di Provinsi Sulawesi Utara dengan konsep resort konservasi internasional dan taman laut. Kawasan pariwisata Likupang memiliki fungsi dan peran penting dalam mendorong perkembangan kawasan dan memberikan multiplier effect terhadap wilayah di sekitarnya. Oleh karena itu, di wilayah sekitar perlu diarahkan perkembangannya untuk mendukung kegiatan pariwisata di dalam kawasan agar berjalan sinergis dan komprehensif.

Untuk itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memberikan prioritas pada penataan Kawasan Pariwisata Likupang pada tahun anggaran 2020 dengan melaksanakan pekerjaan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Kawasan Pariwisata Likupang dan sekitarnya. Mengingat Pemerintah Pusat memiliki kepentingan terhadap Kawasan Pariwisata Likupang ini, maka Pemerintah Pusat memfasilitasi pemerintah daerah dalam penyusunan materi teknis RDTR di Kawasan Pariwisata Likupang dan sekitarnya, dan hasil dari pekerjaan ini harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah menjadi peraturan daerah dalam proses legalisasi peraturan perundang-undangan.

Hai! Apa Gagasanmu?

Punya pertanyaan lebih seputar Rencana Tata Ruang maupun Konsultasi Publik Online ? Silahkan hubungi kami via Whatsapp. Kami akan bantu memberikan informasi yang kamu butuhkan

Kami Hadir di Whatsapp
×
Kami hadir di sini