Legenda

Informasi Umum

Konsultasi Publik Dibuka

Kamu yang tinggal atau memiliki kepentingan di lokasi ini, klik disini untuk memberikan gagasan kamu sekarang!"

RDTR Kawasan Pariwisata Negeri di Atas Awan Lolai dan Sekitarnya

Pariwisata merupakan sektor penyumbang devisa terbesar dan diharapkan mampu menjadi leading sector pembangunan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, semua Kementerian/Lembaga diharapkan mampu mendukung pengembangan pariwisata. Pemerintah telah menetapkan 50 Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional tahun 2010-2025. Di dalam 50 DPN tersebut terdapat 88 titik Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) adalah kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata nasional yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan.

Kawasan Pariwisata Tana Toraja merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan citra daya tarik wisata sosial budaya yang unik. Selain itu, Tana Toraja dan sekitarnya juga ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN) dari sudut kepentingan rehabilitasi sosial budaya dan merupakan ikon pariwisata di Provinsi Sulawesi Selatan yang termasuk ke dalam segitiga emas pariwisata yaitu Bali – Labuan Bajo – Tana Toraja. Oleh karena itu, kawasan pariwisata Toraja dan sekitarnya perlu diarahkan perkembangannya untuk mendukung kegiatan pariwisata di dalam kawasan agar berjalan sinergis dan komprehensif serta dapat menjaga keberlangsungan adat istiadat dan sosial budaya yang ada sebagai karakter dan identitas Tana Toraja.

Untuk itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memberikan prioritas pada penataan kawasan di Kawasan Pariwisata Toraja dan Sekitarnya pada tahun anggaran 2020 dengan melaksanakan pekerjaan Penyusunan Materi Teknis RDTR di Kawasan Pariwisata Toraja dan Sekitarnya dengan nomenklatur yang telah disepakati bersama yaitu RDTR di Kawasan Pariwisata Negeri di Atas Awan Lolai dan Sekitarnya, yang kawasan perencanaannya meliputi Kecamatan Sopai (Kelurahan/Lembang Salu, Salusarre, Salusopai), Kecamatan Tikala (Kelurahan/Lembang Buntubatu, Embatau, Tikala), Kecamatan Kepala Pitu (Kelurahan/Lembang Benteng Ka'do, Benteng Mamullu, Kapala Pitu, Polopadang, Sikuku), Kecamatan Suloara (Kelurahan/Lembang Lempo, Suluoara, Tongariu)

Hai! Apa Gagasanmu?

Punya pertanyaan lebih seputar Rencana Tata Ruang maupun Konsultasi Publik Online ? Silahkan hubungi kami via Whatsapp. Kami akan bantu memberikan informasi yang kamu butuhkan

Kami Hadir di Whatsapp
×
Kami hadir di sini