Legenda

Informasi Umum

Konsultasi Publik Selesai
Pelaksanaan Tahun 2019

Seluruh masukan yang telah terkirim menjadi materi yang didiskusikan dan dibahas oleh instansi/pemangku/pakar terkait dalam sebuah forum diskusi Rencana Tata Ruang

RDTR Kawasan Perkotaan Cisaat Kabupaten Sukabumi

Kawasan perkotaan Cisaat merupakan kawasan perkotaan di Kabupaten Sukabumi yang berada di koridor ekonomi cepat tumbuh, yaitu Koridor Cicurg-Sukabumi-Sukalarang yang terbagi menjadi 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Cisaat, Caringan, Cicantayan, dan Gunungguruh. Batas wilayah administratif dari Kawasan Perkotaan Cisaat adalah sebagai berikut: Utara : 1. Desa Girijaya Kecamatan Nagrak; 2. Desa Seuseupan, Desa Caringin Kulon, dan Desa Talaga Kecamatan Caringin; dan 3. Desa Kutasim, Desa Citamiang, Desa Kadudampit, Desa Sukamaju, dan Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit. Timur : Kota Sukabumi. Selatan : Desa Cikujang, Desa Kebongmanggu, dan Desa Simaresmi Kecamatan Gunungguruh. Barat : 1. Desa Sukadamai dan Desa Cicantayan Kecamatan Cicantayan; dan 2. Desa Batununggal dan Desa Ciheulang Tonggoh Kecamatan Cibadak. Kawasan Perkotaan Cisaat memiliki luas wilayah sebesar 4.768,11 Ha yang terbagi menjadi 4 kecamatan, 21 desa, 75 dusun, 211 RW, dan 813 RT. Desa yang paling luas adalah Desa Cibolang dengan 510,98 Ha atau sekitar 11,51% dari keseluruhan wilayah Kawasan Perkotaan Cisaat. Desa yang terkecil adalah Desa Sukamantri dengan 82,72 Ha atau hanya 1,86% dari total luas wilayah Kawasan Perkotaan Cisaat. 

Berdasarkan sistem perkotaan, Kawasan Perkotaan cisaat termasuk dalam PPK yang berperan dalam mendukung PKL Cibadak, PKW Sukabumi, dan sebagai Pusat SWP Cisaat dan sekitarnya. Fungsi yang dikembangkan di PPK Cisaat yaitu sebagai pusat pelayanan ekonomi dan fungsi penunjang sebagai kawasan pertanian, pariwisata, permukiman, industri ramah lingkungan, dan konservasi Taman Nasional Gede pangrango (TNGP). 

Penetapan kawasan strategis di Kawasan Perkotaan Cisaat menurut RTRW Kabupaten Sukabumi berupa kawasan strategis dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi KSK Koridor Cicurug-Sukabumi-Sukalarang. 

Hai! Apa Gagasanmu?

Punya pertanyaan lebih seputar Rencana Tata Ruang maupun Konsultasi Publik Online ? Silahkan hubungi kami via Whatsapp. Kami akan bantu memberikan informasi yang kamu butuhkan

Kami Hadir di Whatsapp
×
Kami hadir di sini