Legenda

Informasi Detil

Apakah itu Rencana Detail Tata Ruang

Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) mengatur mengenai pemanfaatan lahan pada skala detil (1:5000). Setiap izin pemanfaatan ruang, termasuk di dalamnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) mengacu pada RDTR yang telah disahkan oleh Pemerintah Daerah.

Misalnya dalam satu blok di dalam RDTR diperuntukkan untuk permukiman, maka izin yang dikeluarkan adalah untuk permukiman. Apabila ada peruntukan lain di sana, maka harus ada persyaratan lain yang diatur. Peruntukan dalam suatu zonasi mengatur jenis kegiatan apa saja yang boleh atau tidak boleh terdapat di zonasi tersebut. Terdapat tiga jenis kegiatan yang diatur dalam setiap zonasi yaitu kegiatan yang diperbolehkan, kegiatan yang terbatas dan kegiatan yang bersyarat.

RDTR harus dipatuhi dan dipahami sebelum kamu merencanakan membangun apapun. Mengikuti ketentuan yang diatur dalam RDTR akan menghindari kamu dari konsekuensi hukum yang bisa terjadi di kemudian hari.


Hai! Apa Gagasanmu?

Punya pertanyaan lebih seputar Rencana Tata Ruang maupun Konsultasi Publik Online ? Silahkan hubungi kami via Whatsapp. Kami akan bantu memberikan informasi yang kamu butuhkan

Kami Hadir di Whatsapp
×
Kami hadir di sini